Senin, 05 Maret 2018

5 Web Browser selain Chrome dan Mozilla yang popoler pada masanya

Oke guys, akhirnya jadi juga artikel yang satu ini, lumayan susah sih milih kata-katanya tapi gak papa deh demi kalian semua semua rintangan aku libas bak kapal titanic melibas gunung es ya? Krik krik krik. Meski krik krik gak papa lah karna kali ini aku mau membahas info menarik nih seputar web browser selain om Mozilla dan mbah Chrome yang sudah kehilangan giginya alias kepopulerannya ya hihi. Nah kali ini aku hanya akan menampilkan lima (5) web browser tersebut, maklum ya guys karna aku cuma tau lima saja. Langsung saja kita bahas ya!

Internet Explorer
Yang pertama adalah Internet Explorer, disingkat “IE” atau “MSIE”. Bagi sobat-sobat yang punya Komputer atau Laptop pribadi pastinya sudah tahu dong dengan web browser ini. Perlu sobat ketahui, Internet Explorer ini merupakan Web Proprieter yang bisa sobat dapat secara free dari Micrososft dan tersedia untuk versi Microsoft Windows tentunya.

Eits tapi jangan salah sangka dulu, Internet Explorer ini juga ada yang untuk Mac OS loh, yakni dibuat dengan menyesuaikan jenis mesin pengarsir yang berbeda-beda dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System Solaris, serta HP UX.

Ada fakta lain nih tentang Internet Explorer, ternyata Internet Explorer pernah menjadi browser web yang paling sering digunakan yaitu sebesar 93.7% dari keseluruhan pengguna browser, wow sungguh jumlah yang fantastis ya guys. Nah fakta tersebut diambil berdasarkan hasil analisa dari salah satu perusahaan pengamat web, yaitu WebSideStory. Menurut mereka, Internet Explorer hingga saat ini masih diikutsertakan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak era Windows 95 OSR-2. Namun seiring perkembangan internet saat ini, Internet Explorer kurang dilirik para pengguna karena sudah terhalang oleh kepopuleran om Mozilla Firefox dan mbah Google Chrome, ya gak sih?

Kita pindah haluan, menyangkut keamanannya dari spyware yang merugikan, Windows XP Service Pack 2 dari Microsoft telah menambahkan fitur-fitur keamanan penting ke dalam Internet Explorer, salah satunya adalah Firewall Windows yang berguna membasmi pop-up, spyware, dan malware yang merugikan. Buat sobat si pengguna Internet Explorer, jangan lupa update secara berkala ya guys!

Netscape Navigator
Yang kedua nih guys Netscape Navigator, ini juga tidak banyak yang tahu kan? Wajar saja kok, Netscape Navigator ini hanya terkenal pada era 1990-an, ia dibuat oleh perusahaan Netscape Corporation, owalah aku juga belum lahir hehe. Meski begitu, Netscape Navigator pernah menjadi WEB BROWSER NOMOR SATU sebelum kemunculan Internet Explorer loh, alasannya karena Netscape Navigator merupakan yang terbaik dari web browser lainnya dari segi grafis di zaman itu. Alasan lainnya adalah ia tersedia dalam berbagai platform, seperti Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, dan Macintos (Ma Cos).

Netscape Navigator merupakan browser berbasis kode mosaic yang diciptakan oleh National Center Of Supercomputing Apllications (NCSA). Pendiri NCSA adalah Marc Andressen yang tidak lain adalah pendiri Netscape Corporation juga. Tidak hanya sampai itu loh guys, selain tersedia dalam web browser, Netscape juga mengeluarkan paket suite internet Netscape Communicator, yaitu dengan cara menghubungkan Navigator, Client, e-mail, Editor Halaman Web, dan software-software lainnya.

Tapi sungguh disayangkan, Netscape Corperation akhirnya diakusisi oleh America Online (AOL) dan Proyek Gecko menjadi open source setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi Netscape Navigator bisa kita katakan sebagai inspirasi gagasan munculnya browser Mozilla Firefox, ealah gak nyangka ya.
Konqueror
Lain dengan Netscape Navigator dan Internet Explorer, Konqueror merupakan sebuah web browser khusus untuk sistem operasi Linux dengan basis KDE atau bisa kita anggap standarnya Linux ya guys. Konqueror mempunyai tugas untuk menjelajahi web, juga bisa menjelajahi isi computer, dan mendukung penampil dokumen secara universal. Selain itu Konqueror dapat melakukan Tabbed Browsing, Shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah menjadi sejumlah nama besar browser seperti Mozilla Firefox, Chrome, dan IE.

Safari
Safari? Hmm ada yang tahu yang satu ini?
Safari adalah web browser buatan Apple.Inc yang awal mulanya dikhususkan untuk sistem operasi Macintos (Mac OS) mulai dari Mac OS X versi 10.3. Sebelumnya Mac OS X versi 10.3 memakai Internet Explorer for Mac OS sebagai browser default dari tahun 1997 sampai 2003. Pada tanggal 11 Juni 2007, versi preview untuk Windows dari Safari diperkenalkan dalam Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Fransisco, US.

Galeon
Galeon Galilei, eh itu mah Galileo Galilei haha dasar nub. Barangkali sobat-sobat ada yang tahu browser ini? Kalau belum, Galeon adalah web browser yang biasanya disertakan satu paket dalam paket GNOME. Oh ya guys, Galeon pernah menjadi aplikasi termudah dan best loh, pasalnya tampilan Galeon sangat simple dan super mudah dalam pencarian web yaitu membuka, memasukan address pada web address bar, lalu tekan enter maka dengan instant sobat akan menuju isi web yang dicari.

Selain itu, Galeon punya banyak fitur menarik seperti :
  1. New Tab, gunanya untuk memudahkan untuk membuka beberapa halaman sekaligus.
  2. Menu Google Search di bagian atas guna mempermudah pencarian di Google.com.
  3. Terdapat tombol “Back” untuk kembali, dan tombol “Forward” untuk beralih ke halaman selanjutnya.
  4. Terdapat fasilitas Fullscreen, sehingga dapat men-zoom in dan zoom out secara detail dan jelas pastinya.
Jadi guys itulah 5 web browser selain Mozilla dan Chrome yang pernah populer pada masanya. Mungkin sih masih ada ya, atau barangkali ada sobat-sobat yang masih pake salah satunya bisa sharing-sharing pengalaman disini oke! Kalau gak ada ya gak papa, wajar saja karna kelimanya sudah tidak populer lagi atau mungkin sudah hilang batang hidungnya ya guys haha. Mungkin di artikel-artikel selanjutnya akan saya pisahkan kelima web browser di atas ke detail-detailnya sekaligus. Jadi tunggu saja ya guys, see you good bye.


EmoticonEmoticon