Rabu, 09 Mei 2018

Ciri-ciri negara maju, berkembang, dan miskin - materi lengkap

Berdasarkan tingkat kemakmurannya, negara-negara di dunia terbagi dalam tiga golongan, yaitu negara maju (Developed Countries), negara berkembang (Developing Countries), dan negara miskin (Least Developed Countries/ Undeveloped Countries/ Failed Countries). Developed mengandung arti sudah melaksanakan pembangunan, Developing mengandung arti masih dalam proses pembangunan, dan kemudian Least Developed mengandung arti baru memulai pembangunan atau masih minimnya pembangunan.

Sebuah negara dapat diklasifikasikan menjadi salah satu kategori di atas yaitu dengan memperhatikan beberapa patokan/parameter yang sesuai dengan kriteria masing-masing golongan. Dengan menggunakan parameter, sebuah negara dapat dikelompokkan ke dalam sebuah golongan tertentu, apakah itu termasuk negara maju, negara berkembang, ataupun negara miskin.

Parameter pengelompokan sebuah negara

Kofi Annan, mantan Sekjen PBB mendefinisikan bahwa negara maju yaitu “sebuah negara yang dapat memberikan warga negaranya sebuah kehidupan yang bebas, sehat, dan nyaman dalam sebuah lingkup kehidupan negara yang terjamin keamanannya”.

A. Indikator pengelompokan negara

Untuk menggolongkan suatu negara ke dalam kelompok negara maju, berkembang, atau miskin, berlakulah dua kelompok indikator, yaitu :

a. Indikator kuantitatif
Indikator kuantitatif yaitu semua data dalam suatu negara yang dapat dihitung dan diperkirakan.
  1. Jumlah dan kepadatan penduduk
  2. Tingkat pertumbuhan penduduk
  3. Angka beban tanggungan
  4. Usia harapan hidup
b. Indikator Kualitatif
Indikator Kualitatif yaitu semua data dalam suatu negara yang hanya dapat dibandingkan saja.
  1. Etos kerja dan mainset (pola fikir)
  2. Kualitas dan kuantitas pendidikan
  3. Tingkat kesehatan dan kesejahteraan
  4. Tingkat kesadaran hukum
  5. Mata pencaharian.
B. Pembangunan manusia dalam suatu negara

Dilihat dari sektor keadaan ekonominya, Bank Dunia menetapkan pendapatan negara per kapita yang tinggi kepada suatu negara yaitu $ 11.456 dengan pendapatan yang stabil atau meningkat (walaupun tidak mengatakan negara maju). Sedangkan jika dilihat dari tingkatan industrinya, negara maju sudah kuat merambah pada industri tersier sementara negara berkembang masih kental dengan sektor agraris dan maritimnya (misalnya Indonesia).

a. Apa itu Human Development Index (Indeks Pembangunan Manusia)?

Sebuah parameter yang digunakan untuk mendefinisikan suatu negara sebagai negara maju atau negara berkembang atau negara miskin, pertama kali dikenalkan oleh UNDP (United Nations Development Program) yaitu menggunakan konsep HDI (Human Development Index).

Konsep HDI (Pembangunan Manusia) merupakan konsep yang meletakkan manusia sebagai unsur utama dalam pembangunan sebuah negara. Ini berkaitan dengan peningkatan kualitas nyata pada segi kehidupan manusi yang diukur dari peningkatan mutu hidup dan jumlah pendapatan. Berdasarkan hal tersebut, pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang penting, namun itu tidak cukup untuk menggambarkan kondisi pembangunan manusia secara keseluruhan.

b. Dimensi Human Development Index

Human Development Index merupakan indeks yang berfungsi untuk menggambarkan tingkatan rata-rata usaha suatu negara dalam menyediakan :
  1. Hidup sehat dan panjang umur”. Usaha ini dapat diukur dari angka harapan hidup pada saat kelahiran dan bisa diperoleh dari Divisi Kependudukan PBB.
  2. Akses mendapatkan ilmu pengetahuan”. Usaha ini dapat diukur dan diperoleh dari UNESCO berdasarkan tingkat melek huruf dewasa dan kombinasi tingkat partisipasi warga negara di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Perguruan Tinggi.
  3. Standar kemakmuran hidup”. Usaha ini dapat diperoleh dari Bank Dunia dengan memperhatikan penghasilan per kapita negara.
c. Klasifikasi indeks Human Development Index

Dari ketiga dimensi di atas, terbentuklah indeks yang berkisar antara 0 sampai 1. Pengelompokan indeks pada tahun 2009 terbagi menjadi 3 golongan, yaitu :
  • HDI tinggi, yaitu 0.800 - 1.000 (negara maju)
  • HDI sedang, yaitu 0.500 - 0.800 (negara berkembang)
  • HDI rendah, yaitu 0 - 0.500 (negara miskin)
Negara maju dan ciri-cirinya

a. Ciri-ciri negara maju
  1. Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi.
  2. Memiliki tingkat kesehatan yang tinggi dan tingginya angka harapan hidup.
  3. Memiliki kualitas pendidikan yang baik yaitu dengan ditandai adanya tingkat melek huruf yang baik serta partisipasi bersekolah yang tinggi.
  4. Memiliki tingkat kesejahteraan hidup yang baik.
  5. Tingkat kelahiran dan kematian yang rendah.
  6. Perekonomian dilakukan dengan berbasis industri, perdagangan, dan jasa.
  7. Menguasai pasar modal dan teknologi yang mutakhir.
  8. Kedisiplinan dan keteraturan dalam kehidupan sosial.
  9. Tingginya kesadaran terhadap lingkungan.
  10. Adanya kehidupan demokrasi yang matang.
b. Klasifikasi negara maju berdasarkan IMF

No
Negara
No
Negara
1
Australia
17
Japan
2
Austria
18
Luxemburg
3
Belgia
19
Malta
4
Canada
20
Netherlands
5
Ciprus
21
New Zeland
6
Cheko
22
Norwegia
7
Denmark
23
Portugal
8
Finlandia
24
Singapura
9
France
25
Slovakia
10
German
26
Slovenia
11
Yunani
27
South Korea
12
Hongkong
28
Spain
13
Islandia
29
Sweden
14
Irlandia
30
Swiss
15
Israel
31
Taiwan
16
Italia
32
United Kingdoms (Inggris)

33
USA

c. Klasifikasi negara maju berdasarkan OECD (Organization of Economic Cooperation and Development)

BENUA EROPA
No
Negara
No
Negara
1
Irlandia
10
Yunani
2
Austria
11
Luxemburg
3
Belgia
12
Netherlands
4
Canada
13
Norwegia
5
Ciprus
14
Portugal
6
Hongaria
15
Spain
7
Denmark
16
Swedia
8
Finlandia
17
Swiss
9
France
18
Inggris
BENUA ASIA
No
Negara
1
Jepang
2
Korea Selatan
AMERIKA UTARA
No
Negara
1
Canada
2
Amerika Serikat
OCEANIA
No
Negara
1
Australia
2
New Zeland

Negara berkembang dan ciri-cirinya

Negara berkembang atau yang sering disebut developing countries atau third world (dunia ketiga) merupakan seuatu keadaan negara yang masih dalam proses pembangunan. Sebuah negara berkembang diartikan sebagai negara yang masih membutuhkan banyak perubahan dan usaha-usaha peningkatan kesejahteraan yang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sumber daya sosial dan teknologi.

a. Ciri-ciri negara berkembang
  1. Dominasi pendapatan terbesar negara berasal dari sektor agraris, maritim, dan industri padat karya (industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja). Selain itu juga masyarakatnya mayoritas masih bekerja di bidang agraris meski mulai terjadi transisi menuju ke bidang industri yang lebih maju.
  2. Human Development Index pada tingkatan menengah (0.500 - 0.800).
  3. Pendapatan per kapita masih tergolong rendah, yaitu diatas $900 dan di bawah &11.456.
  4. Kualitas dan kuantitas pendidikan masih rendah berdasarkan tingkat melek huruf orang dewasa dan partisipasi dalam dunia pendidikan formal.
  5. Tingkat kesehatan yang masih rendah, angka kematian yang cukup tinggi, serta angka harapan hidup yang rendah meski tidak serendah negara miskin. Hal ini disebabkan karena ketersediaan fasilitas kesehatan yang kurang memadai atau tidak terjangkau oleh masyarakat.
  6. Kasus korupsi masih banyak terjadi.
  7. Masih banyaknya kemiskinan dan pengangguran.
  8. Kurang memahami dan menghargai HAM.
  9. Penyetaraan gender yang masih rendah.
  10. Mengingat luasnya rentang kriteria tersebut, banyak negara berkembang yang sekarang ini mulai dikenal sebagai negara industri baru (Newly Industrialized Countries/NICs). NICs dapat dilihat dari pendapatan per kapita yang sudah cukup tinggi akan tetapi masih belum bisa disebut sebagai negara maju.
b. Negara-negara berkembang

No
Negara
No
Negara
1
Filipina
6
Brazil
2
India
7
RRC
3
Indonesia
8
Singapura
4
Malaysia
9
Thailand
5
Mexico
10
Turki

Negara miskin dan ciri-cirinya

Negara miskin atau yang disebut dengan Undeveloped Countries/ Least Developed Countries merupakan negara yang gagal dalam menangani kasus kelaparan, kemiskinan, keterbelakangan pendidikan dan kesehatan, konflik dan perang, korupsi yang ekstrim, serta ketidakstabilan kondisi politik dan ekonomi.

Problematika sudah menjadi hal yang wajar dan mudah ditebak. Selain itu, kondisi ekonomi yang buruk sangat memicu jumlah tindak kejahatan di kalangan rakyat. Fasilitas kesehatan yang buruk menjadikan rakyat menderita akibat serangan wabah penyakit yang terus menerus, sementara kurangnya fasilitas pendidikan membuat tidak berkembangnya ilmu pengetahuan dan penalaran pada rakyat, sehingga banyak terjadi penindasan, pemberontakan, dan pemanfaatan oleh pihak yang sewenang-wenang.

a. Ciri-ciri negara miskin

Berdasarkan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menyatakan bahwa kriteria suatu negara dikatakan sebagai negara tidak berkembang/miskin dapat dilihat dari :
  1. Pendapatan negara per kapita yang rendah, yaitu dibawah $900.
  2. Aset sumber daya manusia yang lemah, yaitu dilihat dari indeks gabungan atas indicator kesehatan, nutrisi, dan pendidikan.
  3. Keadaan ekonomi yang rentan, yaitu didasarkan pada indeks ketidakseimbangan produksi pertanian dan ekspor, ketidakcukupan diversifikasi, serta tingkat ekonomi yang rendah.
b. Negara-negara tidak berkembang/miskin

Data sampai tahun 2002 menunjukan ada 49 negara yang termasuk dalam negara miskin dan sebagian besar berasal dari Benua Afrika. Berikut ini adalah beberapa contoh negara miskin yang ada di dunia, antara lain :

No
Negara
No
Negara
1
Afghanistan
12
Samoa
2
Bangladesh
13
Senegal
3
Bhutan
14
Siera Leone
4
Cape Verde
15
Solomon
5
Ethiopia
16
Somalia
6
Gambia
17
Sudan
7
Kamboja
18
Timor Leste
8
Laos
19
Uganda
9
Mauritania
20
Nepal
10
Myanmar
21
Vanuatu
11
Nigeria


Sebuah negara tidak lagi disebut sebagai negara miskin apabila ia sudah bisa keluar dari indicator yang ditetapkan. Sebagai contoh adalah Cape Verde yang berhasil keluar pada tahun 2007.


EmoticonEmoticon